Cara Membuat Kompos Metode Anaerob

Cara membuat fragmen dengan metode anaerob biasanya membutuhkan inokulan mikroorganisme (pemula) untuk mempercepat proses pengomposan. Inokulan berisi pilihan organisme yang dapat menguraikan bahan organik dan alami dengan cepat, secara efektif mikroorganime (EM4). Di pasar tambahan, ada jenis inokulan dari berbagai merek seperti SuperBio, PROBIO, dan sebagainya. Jika dana yang cukup tidak tersedia, kita juga dapat membuat inokulan mikroorganisme efektif Anda sendiri.

sampah yang belum diolah digunakan harus bahan organik dan alami memiliki rasio tinggi C dan N (lebih dari 30: 1). Beberapa cara menanam hidroponik paralon dari mereka adalah serbuk gergaji, sekam padi dan kotoran kambing. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat fragmen dengan metode anaerob dapat 10-80 hari, tergantung pada efektivitas pengurai dan recycleables digunakan. Optimum 35-45oC Kisaran suhu selama proses pengomposan dengan jumlah kelembaban 30-40%. Berikut adalah tahapan cara membuat kompos dengan proses anaerobik.


Siapkan bahan-bahan organik dan alami untuk dibuat kompos. Seharusnya untuk memilih bahan yang lembut yang terdiri dari tanaman atau hewan peliharaan limbah. Bahan yang bisa digunakan, antara lain, tanaman pakan, pulp, sampah organik dan alami rumah, kotoran ayam, kotoran kambing, dll Cutting bahan sampai mudah, halus lebih baik.

Siapkan pengurai (EM4) sebagai starter. Strategi ini, campurkan 1 cc EM4 dengan 1 liter air dan 1 gram gula. Lalu biarkan melambangkan 24 jam. Memiliki terpal plastik sebagai dasar, menyimpan bahan organik dan alami yang berisi baru ini telah iris halus di atas terpal. Dicampur dengan serbuk gergaji pada materi untuk menambah nilai perbandingan C dan N. Kemudian menerapkan solusi yang telah diencerkan EM4 sebelumnya. Aduk sampai merata, menjaga kelembaban di kisaran 30-40%, jika air kurang lembab bisa disemprotkan.

Siapkan barel plastik kedap udara. Mengatur bahan organik dan alami yang telah dicampur sebelumnya. Maka cara membuat tanaman hidroponik botol cukup tutup rapat dan diamkan sampai 3-4 kali untuk menjalani proses fermentasi. Kompos suhu selama fermentasi akan berkisar 35-45 C. Setelah empat hari memeriksa kematangan kompos. kompos matang ditandai dengan bau seperti bau record.

Saat ini, banyak orang yang mulai mempromosikan rencana yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebuah cara tunggal untuk berpisah bahan sampah organik dan alami dan anorganik. Selanjutnya, sampah organik dan alami dapat digunakan sebagai pupuk, sedangkan bahan sampah anorganik sebagian besar berakhir dengan membakar karena sulit terurai dan dapat mencemari lingkungan.

sampah organik dan alami biasanya diolah untuk digunakan sebagai kompos. Penjelasan bit, fragmen adalah hasil dari dekomposisi bahan organik dan alami oleh bakteri. Sementara pengomposan adalah kompos tersebut. Kompos harus dilakukan agar kompos yang diinginkan dapat mengalami cepat, sehingga dapat segera diterapkan.

Dalam standar, proses pengomposan dapat dipercepat melalui dua cara. Yaitu aerobik dan anaerobik. Kedua metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun esensinya tetap sama, yaitu untuk mempercepat bahan organik dan alami kompos.

0 Response to "Cara Membuat Kompos Metode Anaerob"

Post a Comment